Apakah botol susu bayi perlu direbus dengan air mendidih saat membersihkannya?

Botol susu menjadi salah satu barang yang dibutuhkan oleh seorang ibu. Seorang ibu memerlukan botol susu untuk membantu dalam proses pemberian asupan makanan pada sang buah hati. Pada saat botol susu selesai digunakan, maka tindakan yang dilakukan adalah merebusnya. Lalu apakah botol susu bayi perlu di rebus dengan air mendidih setelah digunakan?

Merebus botol adalah suatu tindakan yang lazim di tengah masyarakat. Tindakan atau langkah ini sering dilakukan oleh para ibu yang mempunyai anak bayi. Para ibu yang sedang mempunyai anak bayi akan sesering mungkin merebus botol susu untuk sang buah hati. Mereka merebus botol susu bayi tersebut dengan memakai air yang mendidih.

 

Alasan Para Ibu Merebus Botol Susu Bayi Dengan Air Mendidih

Memiliki bayi adalah momen yang sangat menyenangkan bagi seorang ibu di dunia. Dikatakan sebagai sebuah momen yang menyenangkan lantaran kehadiran bayi memberikan suasana baru dalam hidup berumah tangga. Kehadiran sang buah hati yang masih kecil dalam keluarga membuat rumah menjadi lebih rame. Tentu saja kondisi ini akan membuat suasana menjadi mengasyikkan.

Kehadiran sang buah hati di tengah – tengah keluarga tentu saja menuntut orang tua untuk menyediakan berbagai keperluan. Berbagai keperluan untuk sang bayi ini sangatlah banyak. Salah satu barang yang diperlukan oleh bayi adalah botol susu.

Perlengkapan bayi bernama botol susu menjadi sebuah barang yang familiar. Hal ini dapat terjadi lantaran setiap orang tua pasti membutuhkan barang tersebut. Botol bayi dapat dipakai untuk membantu ibu dalam memberikan asupan minuman pada sang buah hati.

Ketika botol bayi selesai digunakan, maka orang tua akan merebusnya dengan air mendidih atau panas. Tindakan merebus botol susu bayi dengan air panas ternyata memilih tujuan. Adapun tujuan dari tindakan ini adalah agar botol susu bayi anti kolik. Alasan inilah yang mendasari para orang tua melakukan perebusan pada botol bayi.

 

Bahaya Merebus Botol Susu Bayi Dengan Air Mendidih

Merebus botol bayi dengan air mendidih menjadi tindakan yang sering dilakukan. Para orang tua melakukan tindakan ini agar botol bayi menjadi bersih. Selain bersih, tindakan perebusan botol susu juga bertujuan agar berbagai kuman dan bakteri mati. Alhasil botol susu bayi menjadi lebih steril.

Tindakan merebus botol dengan air mendidih memang mampu membunuh berbagai macam bakteri dan kuman. Berbagai macam bakteri dan kuman akan mati dengan panasnya air untuk merebus. Akan tetapi, apakah botol susu bayi perlu di rebus dengan air mendidih aman untuk digunakan? Apakah botol susu itu tidak mengeluarkan zat beracun?

Pada dasarnya, botol susu bayi terbuat dari bahan plastik. Ketika barang berbahan plastik terkena air bersuhu tinggi, maka secara akan mengeluarkan zat berbahaya bernama polycarbonate. Polycarbonate ini tentu saja akan mempengaruhi sistem hormon. Hal ini tentu saja menjadi bahaya merebus botol susu bayi dengan air mendidih yang wajib para ibu ketahui.

 

Cara yang benar dalam membersihkan botol susu bayi

Lantas bagaimanakah seharusnya para orang tua membersihkan botol susu bayi? Apakah botol bayi akan tetap di rebus dengan air mendidih? Untuk cara membersihkan botol susu bayi ternyata bisa dilakukan dengan jalan membersihkan dengan air hangat saja. Kemudian diberi asapun dan gunakanlah spon yang lembut.

Demikianlah penjelasan singkat tentang apakah botol susu bayi perlu di rebus dengan air mendidih. Sebagai orang tua yang bijak, maka ada baiknya juga memakai produk botol susu bayi berkualitas dari dr. Browns. Produk ini terbuat dari bahan – bahan yang aman digunakan bagi sang buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*